Selasa, 26 Mei 2015

Implementasi Komputer

Pertama – tama apa itu komputasi ?

Komputasi merupakan sebuah proses pemecahan masalah yang di inputkan dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi merupakan ilmu computer yang menganalisa segala permasalahan yang tidak bias di lakukan secara komputasi.

Implementasi computer dapat mendukung dalam berbagai bidang seperti :
Fisika
Kimia
Biologi
Matematika
Ekonomi
Geografi
Geologi
Biologi
Implementasi dalam bidang biologi

Dari bidang – bidang tersebut yang akan di jelaskan implementasi computer dalam bidang biologi atau di kenal dengan Bioinformatika.
Bioinformatika adalah ilmu yang mempelajari teknik komputasional untuk mengelola dan manganalisis informasi biologi. Di dalam bidang ini menerapkan metode – metode matematika, statistika, informatika, fisika, biologi dan ilmu kedokteran.

Contoh implementasi computer dalam bidang biologi sebagai berikut :

Mengelola informasi biologis
Penyejajaran sekuens
Prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur RNA
Analisi filogenetik dan ekspresi gen, dsb.

www.Lecture.eepis-its.edu
http://satriosite.blogspot.com/2015/03/teori-komputasi-dan-implementasi-dalam.html



implementasi dalam bidang kimia

Ilmu kimia merupakan salah satu yang mempelajari hal – hal seperti zat, molekul, struktur komposisi, sifat zat dll. Sedangkan ilmu computer yang di implementasikan dalam bidang  kimia berfungsi untuk mendapatkan hasil kimia yang di terjemahkan kedalam computer dengan bantuan program dan algoritma computer.

Seorang kimiawan komputasi dapat terlibat dalam mengembangkan algoritma baru, maupun pemilihan teori kimia yang sesuai, agar hasil dari komputasi diperoleh hasil yang efisien dan tepat.
Terdapat beberapa pendekatan yang dapat dilakukan:

Kajian komputasi dapat dilakukan untuk menemukan titik awal untuk sintesis dalam laboratorium.
Kajian komputasi dapat digunakan untuk menjelajahi mekanisme reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di laboratorium.
Kajian komputasi dapat digunakan untuk memahami sifat dan perubahan pada sistem makroskopis melalui simulasi yang berlandaskan hukum-hukum interaksi yang ada dalam sistem.
https://adampu69.wordpress.com/tag/pengantar-komputasi-modern/

implementasi dalam bidang ekonomi

Implementasi pada ilmu ekonomi adalah mempelajari agent – based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan dan computational meodeling of dynamic macroekonomic systems dimana di desain kusus untuk komputasi ekonomi dan alat bantu pengembangan pendidikan ekonomi.

Salah satu contoh komputasi dalam bidang ekonomi adalah komputasi statistic. Biasa di bilang sebagai pembelajaran teknik pengolahan data, membuat program dan analisis data serta penyusunan system informasi statistic, seperti penyusunan basis data, komunikasi data, system jaringan dan diseminasi data statistik . contoh lainnya dalam pemanfaatan ilmu computer dan ekonomi adalah Data Mining.

http://bloggerbukancafe.blogspot.com/2015/04/implementasi-komputasi-pada-bidang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar