Rabu, 07 Maret 2012

Tipologi Manusia

\Ada 4 macam tipologi manusia yang dirumuskan oleh Claudius Gallenus, yaitu: Sanguinikus , Melankolikus , Kholerikus , dan Flegmatikus. Dan dibawah ini akan sedikit dijabarkan tentang ke empat macam tipologi manusia tersebut dan mari kita bandingkan dengan kepribadian kita, manakah yang cocok dengan kepribadian kita 

SANGUNIKUS
Sanguinikus adalah orang yang mempunyai banyak darah/sungai dalam tubuh.
Perasaan dasarnya ialah : Riang, Optimis, mudah menyusaikan diri, perasaan tidak stalal, kurang konsekuen, reaksinya tidak dipikir dalam-dalam.
Menurut saya pribadi yang seperti ini terlalu berani dan tergesah gesah dalam menentukan sebuah keputusan tanpa banyak pikir panjang. CMIIW 

MELANKHOLIKUS
Melankholikus adalah orang yang memiliki banyak empudu hitam/melanchole. Perasaan dasarnya ialah : Sedih, ketakutan, hati-hati dalam tindakan, konsekuen, stabil jiwanya.
Menurut saya Melankholikus adalah pribadi yang sangat berlawanan dengan Sanguinikus, karna Melankholikus terlalu banyak membuat perhitungan dalam menentukan sikapnya yang lebih memperhatikan perasaannya daripada pikirannya untuk menentukan sebuah keputusan. CMIIW 

KHOLERIKUS 
Kholerikus adalah orang yang dalam tubuhnya terdapat banyak empudu kuning-kuning kholeri.
Perasaan dasarnya ialah : kurang puas, gelisah, emosional, expolosi, perasaanya hebat & kuat, kesukaran dia atasi dengan energi yang berlebihan.
Menurut saya pribadi yang seperti ini adalah pribadi yang sangat bersemangat bila menghadapi segala hal namun rasa kepuasannya sangatlah minim yang menyebabkan pribadi Kholerikus ini condong serakah. CMIIW 

FLEGMATIKUS 
Flegmatikus adalah orang yang di dalam tubuhnya banyak lendir/flegma.
Perasaan dasarnya ialah : tenang, netral, tidak mudah emosional, tidak mudah terharu, pasif menjemukan & bersifat konservatif.
Untuk Pribadi Flegmatikus saya rasa pribadi yang satu ini adalah pribadi yang tidak mudah putus asa karna ketenangannya bisa membawa seseorang yang memiliki kepribadian ini berhasil mengatasi situasi apapun tanpa menimbulkan kendala baru. Pribadi ini juga cocok jadi seorang penentu keputusan, why? karna kenetralannya lah pribadi ini bisa dipercaya oleh kedua pihak yang berseteru. CMIIW 


Sekarang mari kita bandingkan dengan kepribadian kita masing-masing 

Kalo saya pribadi, saya merasa dari ke empat tipologi manusia yang disebutkan oleh Claudius Gallenus yang cocok untuk kepribadian saya adalah Melankholikus. Mengapa? Sebab saya merasa saya adalah seseorang yang berkepribadian sensitif dan sangat mudah terharu. Di balik itu saya memiliki kestabilan emosi yang tidak mudah marah kepada orang lain. Dan selain itu saya juga terlalu banyak basa basi atau pikir panjang dalam menyelesaikan permasalahan atau sekedar mengambil keputusan. Ya inilah kepribadianku bagaimana kepribadianmu? 

refrensi : http://fikrymunirawanpoetra-kp200.bl...a-menusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar